Selasa, 29 Januari 2008Persiapan Bontang Tuan Rumah MTQLPTQ, MUI, LDII Gelar Bimbingan Qiraat Sab'ahBONTANG–Sebagai persiapan menjadi tuan rumah penyelenggara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Kaltim 2009, Pemkot Bontang menggelar sosialiasi dan bimbingan qiraat sab'ah baru-baru ini.
Demi kegiatan yang dikhususkan bagi pengurus masjid dan qari serta qariah itu, Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Bontang menghadirkan ustaz dari Banten dan Jatim.
Mereka adalah ustaz Brin Hariman Al-Hafidz dari pondok Pesantren Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Al Musawa Banten dan Ustaz Hafiluddin Al Hafidz dari Kediri. Acara yang berlangsung di Aula kantor Departemen Agama Bontang terlaksana berkat kerjasama LPTQ, MUI, dan LDII Bontang.

"Diharapkan setelah sosialisasi ini para pihak terkait terutama LPTQ dan Pemkot Bontang serta para qari dan qariah, juga dewan hakim dapat menindaklanjuti sehingga ke depan kita dapat mempunyai sistem pembinaan yang baik dan berkelanjutan. Dengan harapan 2009 nanti Bontang mempunyai prestasi yang membanggakan," kata ketua panitia Imam Hambali yang juga ketua MUI Bontang.
Menurutnya, sosialisasi berjalan sukses terbukti peserta tetap antusias mengikuti acara dari pukul 08.00 hingga pukul 20.00 Wita. Imam Hambali bahkan sempat terharu karena selama ini telah dianggap memiliki banyak ilmu oleh sebagian masyarakat. Namun setelah mengikuti sosialisasi ia menyadari bahwa luasnya ilmu Alquran yang dia ketahui baru riwayat ashim bacaan hafes saja kebanyakan belum sempurna.
"Untuk qiraat sab'ah, selama 12 tahun saya tinggal di Bontang belum pernah ada sosialisasi seperti ini. Alhamdulillah hari ini Allah mewujudkan harapan itu dengan hadirnya dua ustaz yang menguasai ulumul qiraat sab. Atas nama panitia menyampaikan permohonan maaf jika ada kekurangan. Kepada yang menerima proposal dari panitia semoga terketuk hatinya untuk memberikan bantuan kepada panitia. Semoga amal baik yang diberikan diganti oleh Allah," ujarnya.
Sementara Kakandepag Bontang Hasan Aidil juga menyambut baik dan berterima kasih kepada LDII yang telah menghadirkan dua ustaz sebagai narasumber pada acara sosialisasi itu. "Semoga ilmunya menjadi jariah dan ilmu yang bermanfaat balasannya adalah surga. Saya titip salam kepada warga LDII melalui ketuanya Pak Komarudin," kata Hasan Aidil.
Ia sangat berharap kegiatan tersebut berjalan berkesinambungan agar ke depan Bontang mempunyai qarii dan qariah yang andal di cabang qiraat sab.
Wakil Wali Kota Bontang Sjahid Daroini menyambut baik kegitan tersebut.
"Semoga dengan adanya kegiatan ini, kita semua dapat lebih memahami secara mendalam bagaimana cara membaca Alquran dengan baik. Harapan saya, siswa-siswa SD hingga SMA di kota ini dapat membaca Alquran dengan lancar dan benar, bahkan bisa khatam," ucap Sjahid.
Ketua LPTQ Bontang, Burhanuddin mengatakan terima kasih kepada penggagas serta pendukung sosialisasi qiraat sab'ah tersebut sehingga dapat berjalan dengan baik. "Pembinaan qiraatul Quran memang menjadi tugas LPTQ. Oleh karena itu menyangkut biaya akan segera dikoordinasikan dengan pemerintah sehingga ke depan pembinaan tidak menghadapi masalah," katanya.(hms1)
Reference :
http://www.kaltimpo/%20st.net/berita/index.html

http://fkmi-banten.blogspot.com/